pustaka

Selasa, 05 Juni 2012

TINJAUAN PUSTAKA TUGAS PELABUHAN TEKNIK SIPIL UNRAM


TINJAUAN   PUSTAKA


Definisi Pelabuhan
Dalam bahasa Indonesia dikenal dua istilah arti pelabuhan yaitu bandar dan pelabuhan.
            Bandar (harbour), adalah daerah perairan yang terlindung terhadap gelombang dan angin untuk berlabuhnya kapal – kapal.
            Pelabuhan (Port) adalah daerah perairan yang terlindung terhadap gelombang dilengkapi dengan fasilitas terminal laut meliputi dermaga dimana kapal dapat tertambat untuk bongkar muat barang dan tempat penyimpanan kapal membongkar muatannya, dan gudang – gudang tempat barang tersebut disimpan dalam waktu yang cukup lama menunggu sampai barang tersebut dikirim.

Macam pelabuhan
1.      Segi penyelenggara
a.       Pelabuhan umum
b.      Pelabuhan khusus
2.      Segi pengusahaannya
a.       Pelabuhan yg diusahakan
b.      Pelabuhan yg tidak diusahakan
3.      Segi fungsi
a.       Pelabuhan laut
b.      Pelabuhan pantai
4.      Segi pengunaannya
a.       Pelabuahan ikan
b.      Pelabuhan minyak
c.       Pelabuhan barang
d.      Pelabuhan penumpang
e.       Pelabuhan campuran
f.       Pelabuhan militer
5.      Segi geografisnya
a.       Pelabuhan alam
b.      Pelabuhan buatan

Istilah – Istilah kapal
-          Sarat (Draft) adalah bagian kapal yang terendam air pada keadaan muatan maksimum, atau jarak antara garis air pada beban yang direncanakan (design load water line) dengan titik terendah kapal.
-          Panjang total (LOA , Length Overall) adalah panjang kapal dihitung dari ujung depan (haluan) sampai ujung belakang (buritan).
-          Panjang garis air (Lpp, Length between perpendiculars) adalah panjang antara kedua ujung design load water line.
-          Lebar kapal (beam) adalah jarak maksimum antara dua sisi kapal

Persayaratan suatu pelabuhan
-          Harus ada hubungan yang mudah antara transportasi air dan darat.
-          Berada dilokasi yang subur dan populasi penduduk yang cukup padat.
-          Mempunyai kedalaman air dan lebar alur yang cukup
-          Kapal – kapal yang mencapai pelabuahan harus bias membuang sauh selama menunggu untuk merapat ke dermaga untuk bongkar muat barang.atau isi bahan bakar.
-          Pelabuhan harus mempunyai fasilitas bongkar muat barang dan gudang – gudang penyimpanan barang serta reparasi kapal.

Bangunan pada pelabuhan
a.       Pemecah gelombang, untuk melindungi daerah perairan pelabuhan dari gangguan gelombang.
b.      Alur pelayaran, untuk mengarahkan kapal – kapal yang akan keluar/masuk ke pelabuhan.
c.       Kolam pelabuhan, untuk melakukan bongkar muat, melakukan gerakan memutar, dsb.
d.      Dermaga, adalah bangunan pelabuhan yang digunakan untuk merapatnya kapal dan menambatkannya pada waktu bongkar muat barang.
Ada dua macam dermaga yaitu (quai/wharf) yaitu dermaga yang berada digaris pantai dan sejajar dengan pantai. Dan (pier/jetty) yaitu Dermaga yang menjorok pantai.
e.       Alat penambat, untuk menambatkan kapal pada waktu merapat ke dermaga maupun menunggu diperairan sebelum bisa merapat ke dermaga.

Definisi muka air
a.       Muka air tinggi (high water level) : muka air tertinggi yang dicapai pada saat air pasang dalam satu siklus pasang surut.
b.      Muka air rendah (low water level) : kedudukan air terendah yang dicapai pada saat air surut dalam satu siklus pasang surut.
c.       Muka air tinggi rerata (mean high water level, MHWL) : rerata dari muka air tinggi selama periode 19 tahun.
d.      Muka air rendah rerata (mean low water level, MLWL) : rerata dari muka air rendah selama periode 19 tahun.
e.       Muka air laut rerata (mean sea level, MSL) : muka air rerata antara muka air tinggi rerata dan muka air rendah rerata.
f.       Muka air tertinggi (highest high water level, HHWL) : air tertinggi pada saat pasang surut purnama atau bulan mati.
g.      Air rendah terendah (lowest low water level, LLWL) : air terendah pada saat pasang surut purnama atau bulan mati.

Beberapa istilah dalam alur pelayaran
-          Squat, adalah Pertambahan draft kapal terhadap muka air yang disebabkan oleh kecepatan kapal.
-          Fender, adalah bantalan yang ditempatkan di depan dermaga berfungsi untuk menghindari kerusakan pada kapal dan dermaga akibat benturan yang terjadi atau dengan kata lain untuk menyerap energi benturan.
-          Bitt, adalah utnuk mengikat kapal pada kondisi cuaca normal.
-          Bollard, adalah mengikat kapal pada kondisi normal dan pada kondisi badai juga untuk mengarahkan kapal merapat ke dermaga atau memutar terhadap ujung dermaga.
-          Dolphin adalah konstruksi yang digunakan untuk menambat kapal tangker berukuran besar yang biasanya digunakan bersama – sama dengan pier dan wharf untuk memperpendek panjang bangunan tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar