pustaka

Selasa, 05 Juni 2012

BENDUNGAN


                                                            BENDUNGAN  
 
  Bendungan adalah suatu bangunan air yang dilengkapi dengan tampungan yang bisa dimanfaatkan baik itu bersifat multi purpose maupun single purpose.Multi purpose bahwa bendungan tersebut dimanfaatkan untuk berbagi macam kegunaan seperti irigasi, PLTA, penggelontaran sedimen, pariwisata dan sebagainya.Sedangkan single purpose hanya untuk satu kegunaan saja.
       Bendungan utamanya dibagi menjadi dua tipeyaitu :
1.      Bendungan urugan
2.      Bendungan beton

Sedangkan menurut fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu ;
1.      Bendungan yang dapat meloloskan air
      Fungsi untuk menahan material dan air boleh lolos contoh bangunan ini adalah “Sabo dam” sebagai pengambilan hasil-hasil letusan gunung berapi bangunan dengan konstruksi beton bertulang.

2.      Bendungan yang tidak dapat meloloskan air
      Fungi bendungan ini adalah untuk menahan air dalam jumlah besar, tipe bangunan ini dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
a)      Alami
Bendungan alami ini berupa aliran yang dibuat oleh alam tanpa dengan ada peran serta dari manusia dalam membuat tampunganya, tetapi dalam hal penempatan air yang telah ada tersebut manusia mengguanakan kemampuanya untuk mengolah potensi yang ada.
b)      Buatan
Bendungan ini dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu.Dalam hal ini sepenuhnya kemampuan manusia digunakan untuk membentuk tampungan/waduk.
                  c)      Bendungan kombinasi buatan dan alam
Dengan mengetahui potensi alam yang ada, maka bendungan kombinasi dapat dibuat dengan maksud memperbesarkemampuan daya tampung

Ditinjau dari kedap airnya, dapat dibedakan menjadi dua macam :
1.    Bendungan kedap air
Pada bangunan urugan kedap air ditentukan oleh bahan inti.

2.    Bendungan tidak kedap air
Bendungan tidak kedap air merupakan bendungan beton.

1 komentar: